Kadis Perikanan Kolut: Investigasi Tuntas Agar Sistem Pelayanan SPBU-N Lebih Baik

0
135
Tim Dinas Perikanan Kolaka Utara saat memantau siatuasi aktivitas di SPBU-N Sapoiha

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Tim Dinas Perikanan Kolaka Utara sudah mengawali pengawasan terhadap aktivitas SPBU-N Sapoiha di Kecamatan Watunoho. Kegiatan itu sesuai rekomendasi yang dihasilkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD beberapa hari lalu.

“Investigasi tuntas memang diperlukan untuk memperbaiki sistem pelayanan sehingga ke depan tidak ada lagi kisruh. Kami punya keinginan kuat untuk itu,” kata Kadis Perikanan Kolut, Zakaria Bakrie, Rabu (13/10/2021).

Pengawasan akan maksimal, lanjutnya, bila seluruh jajaran baik Dinas Perikanan, aparat penegak hukum, DPRD dan termasuk pula pengelola SPBU-N terlibat dalam kegiatan tersebut. Kalau hasil investigasi ada pelanggaran, maka oknum-oknum yang terlibat bisa kena pidana.

“Informasi miring soal penyaluran BBM subsidi di SPBU-N Sapoiha sudah lama terdengar. Perkaranya mulai mencuat serius ketika laporan sudah masuk ke Komisi III DPRD dalam bentuk aspirasi,” terangnya.

Menurutnya, Dinas Perikanan sudah pernah menurunkan tim pengawasan guna memantau hak-hak nelayan terjamin memperoleh BBM subsidi. Dari pihak pengelola kala itu mengatakan kondisi penyaluran tetap normal.

“Makanya pengawasan ketat selama sebulan tanpa ada hari terlewatkan, tujuannya ingin memastikan ketersediaan kuota BBM subsidi bagi nelayan terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan berlaku,” katanya.

“Kemudian yang juga perlu mendapat pengawasan adalah kesesuaian jatah BBM subsidi yang diberikan ke nelayan dengan kapasitas mesin dan saya pikir semua pelayanan yang di luar prosedur akan kami pantau,” imbuhnya.

Dalam menjalankan pengawasan, Dinas Perikanan sama sekali tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk anggota tim yang terlibat.

“Di sinilah dilihat pengabdian kita, untuk mengatasi masalah di bawah tanggung jawab kita. Yang penting personil kami bisa makan dan kegiatan ini telah berlangsung,” pungkasnya.  (***)

Reporter : Andi Momang

Komen FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here