Kabar Baik, Tahun Ini Nelayan Konkep Keciprat 29 Unit Kapal Tangkap

0
925
Ilustrasi (FOTO : Pikiran Rakyat)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Kepedulian Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dalam membantu peningkatan kesejahteraan nelayan terus dilakukan. Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat, tahun 2021 ini, daerah berjuluk “Pulau Kelapa” itu akan kembali menerima bantuan kapal tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kepala DKP Konkep, James Adam Mokke melalui Plt Kepala Sub Bagian Program dan Perencanaan, Inamullah Tombili menjelaskan, bantuan kapal nelayan tersebut merupakan hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) yang dilakukan pihaknya tahun 2020 lalu.

Dari hasil musrembang itu, para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) mengutarakan harapannya agar pemda bisa membantu pengadaan kapal tangkap.

Menindaklajuti itu, pihaknya pun mengajukan usulan ke KKP dalam hal ini Direktorat Perikanan Tangkap melalui DKP Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Dan Alhamdulilah, KKP menyutujui bantuan kapal tangkap untuk Kabupaten Konkep tahun 2021 sebanyak 29 unit,” terangnya saat diwawancarai awak mcnwsultra.id, di Kantor DKP Konkep, Rabu (3/2/2021).

Alumni Fakultas Perikanan Universitas Halu Oleo (UHO) itu juga menambahkan, kapal tangkap itu nantinya akan diperuntukan untuk nelayan KUB di enam kecamatan saja. Kecamatan Wawonii Timur Laut tak memasukan usulan proposal bantuan ke DKP Konkep.

Ia juga meminta para nelayan tak perlu khawatir karena kapal tangkap yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Itu langsung bisa dioperasikan.

“Karena bantuan tersebut sudah include mesin, alat tangkap pancing ulur serta fasilitas penunjang lainnya. Saat ini masih tahap persiapan lelang untuk menentukan perusahaan pembuat kapal nantinya,” tuturnya.

Inal pun berharap, meski mengalami pengurangan alokasi dari tahun sebelumnya, kapal tangkap yang ada nantinya dapat tetap membantu nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan meski di tengah pendemi Covid-19.

Diketahui, berdasarkan data dari DKP Konkep, dalam kurun waktu 2018 hingga 2020 telah menyalurkan bantuan kapal tangkap sebanyak 125 unit. Wawonii Barat menjadi kecamatan penerima bantuan terbanyak yakni 28 paket. Selengkapnya mengenai alokasi bantuan kapal tangkap di Konkep dapat dilihat pada tabel data tersaji. (***)

Data bantuan kapal tangkap di Konawe Kepulauan. (Sumber : DKP Konkep)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

 

 

 

 

 

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini