Jokowi di Acara HPN : 5 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 untuk Wartawan

0
474
Presiden RI Joko Widodo saat membawakan sambutan pada acara puncak Hari Pers Nasional 2021 di Istana Negara, Selasa (9/2/2021). (Insert) Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Kadis Kominfo Sultra M Ridwan Badallah (atas). Gubernur Ali Mazi mengikuti acara puncak HPN secara virtual di Rujab Gubernur Sultra.

MCNEWSULTRA.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan sekitar 5 ribu dosis vaksin Covid-19 untuk vaksinasi awak media atau wartawan.

“Tadi saya sudah bisik-bisik ke Prof. Nuh [Ketua Dewan Pers] untuk awal, di akhir bulan Februari sampai awal Maret nanti, untuk awak media sudah kita siapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional (HNP) Tahun 2021.

Jokowi yang menghadiri acara HPN secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/2/2021), mengatakan, pemerintah memasukkan insan pers atau awak media sebagai pihak prioritas yang akan divaksin.

Sementara itu di Kendari, Gubernur Sultra Ali Mazi bersama jajaran beserta anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra turut menyaksikan pula acara puncak HPN secara virtual. Hadir pula Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Shaleh.

Menurutnya, insan pers merupakan salah satu garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat terkait penanganan pandemi. Vaksinasi untuk awka media akan dilakukan secara bertahap.

Ia menjelaskan, saat ini pemerintah tengah memfokuskan pembelanjaan anggarannya untuk kebijakan vaksinasi Covid-19 secara massal yang diberikan gratis kepada kurang lebih 181,5 juta masyarakat Indonesia. Tenaga kesehatan menjadi prioritas pertama bagi kebijakan tersebut pada tahap awal pelaksanaan.

Setelahnya, Kepala Negara memastikan bahwa awak media sebagai garda terdepan edukasi penanganan pandemi di tengah masyarakat, juga akan turut memperoleh prioritas vaksinasi tersebut secara bertahap.

Puncak Peringatan HPN Tahun 2021 bertajuk “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan” ini diikuti oleh sejumlah peserta dari seluruh Indonesia yang dipusatkan di Candi Bentar, Ancol, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Peringatan HPN tahun ini juga disebut menjadi yang terbesar karena diikuti oleh kurang lebih 5.000 orang peserta secara virtual dari berbagai lokasi di Tanah Air.

Hadir secara langsung di Istana Negara, di antaranya ialah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, hingga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Atal Sembiring Depari.

Kedepankan Informasi Konstruktif

Terpisah, Gubernur Ali Mazi berharap pada momentum HPN 2021 ini, insan pers tetap mengedepankan sikap konstruktif dalam memberikan informasi pada masyarakat.

“Kita kan sudah sekian puluh tahun merdeka, harusnya kita lebih mengedepankan dialog ketimbang hal-hal yang tidak bermanfaat untuk membangun daerah. Saya kira itu yang ditanamkan oleh insan pers. Makanya tiap tahun ada perayaan hari pers agar insan pers melakukan kerja – kerja nyata,” ungkapnya, pasca mengikuti puncak perayaan HPN 2021.

Terkait insentif untuk insan pers, gubernur berjanji akan membahas terlebih dahulu dengan DPRD Sultra agar usulan itu dimasukkan dalam cakupan anggaran daerah.

Soal vaksinasi untuk wartawan, Ali Mazi sepenuhnya akan mendukung program vaksinasi Covid-19 pada kalangan wartawan bila memang itu instruksi pemerintah pusat.

Sedangkan Kadis Kominfo Sultra Ridwan Badallah menegaskan, momentum HPN 2021 dapat menjadi stimulus bagi insan di Sultra guna lebih meningkatkan kompetensi maupun kapabilitas dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.  (***)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini