Jadi Pj Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Boleh Mutasi Pejabat

0
793
Pelantikan Ahmad Lamani (kiri) sebagai Bupati Muna Barat dan Andi Tenri Rawe Silondae (kanan) sebagai Pj Bupati Konawe Selatan di Rujab Gubernur Sultra, Senin (8/3/2021)

MCNEWSULTRA, Kendari – Andi Tenri Rawe Silondae resmi mejadi Penjabat (Pj) Bupati Konawe Selatan. Jabatan itu disandang hingga pelantikan bupati dan wakil bupati definitif hasil Pilkada 2020. Saat ini Andi Tenri juga masih menjabat Kadis P3APPK Sultra.

Putri mendiang Gubernur Sultra Abdullah Silondae itu dilantik oleh Gubernur Ali Mazi di Rumah Jabatan Gubernur, Senin (8/3/2021). Selain Andi Tenri, salah satu pejabat dilantik adalah Ahmad Lamani sebagai Bupati Muna Barat menggantikan Rajiun Tumada yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Penyematan jabatan pada Andi Tenri Rawe sesuai Keputusan Mendagri Nomor: 131.74-421 Tahun 2021 tanggal 1 Maret 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Adapun Ahmad Lamani merujuk pada Keputusan mendagri Nomor: 131.74-447 Tahun 2021 tanggal 4 Maret 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Muna Barat.

Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya menegaskan, Andi Tenri mempunyai sejumlah tugas, yakni memimpin pelaksanan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

“Kewenangan lain dapat melakukan pembahasan rancangan dan menandatangani peraturan daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari mendagri. Lalu dapat melakukan pengisian penjabat dan mutasi pegawai,” kata Ali Mazi.

Kemudian, tutur gubernur, Pj bupati melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Covid-19, dimana tugas dan kewenangannya antara lain, memperhatikan SE Mendagri Nomor: 440/5184/SJ tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Daerah.

Selain itu bertanggungjawab menjaga kondusivitas masyarakat pasca pilkada agar tercipta rasa aman dan damai serta terhindari dari gangguan ketenteraman dan ketertiban di masyarakat karena perbedaan pilihan politik pada Pilkada 2020.

“Saya selaku gubernur yakin Saudari dapat melaksanakan tugas dan kewenangannya sebagai Pj dengan baik karena telah banyak memahami karaktreristik masyarakat dan pemerintahan di daerah tersebut,” ujar Gubernur.

Kepada Bupati Mubar Ahmad Lamani, gubernur juga berharap bersangkutan mampu membawa pembaharuan yang ideal dan berkemajuan bagi masyarakat Mubar, mengoptimalkan seluruh potensi daerah di berbagai sektor. (***)

Reporter : Juhartawan

 

 

 

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini