Gubernur Sultra Matangkan Tiga Proyek Monumental di Baubau

0
615
Gubernur Sultra Ali bersama Kadis SDA dan Bina Marga Sultra Abdul Rahim dan Kadis Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra Pahri Yamsul dalam agenda kunjungan ke Kota Baubau, Tampak pula Wali Kota Baubau AS Tamrin (kopiah hitam). foto (ist)

MCNEWSULTRA.ID, Baubau – Gubernur Sultra Ali Mazi mengoptimalkan kunjungan kerja ke Kota Baubau dan Kabupaten Buton selama empat hari. Didampingi sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov Sultra, dia pun mengunjungi beberapa lokasi pencanangan proyek monumental di Kota Baubau.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Sultra, Ridwan Badallah mengatakan, tiga lokasi proyek yang ditinjau gubernur adalah lokasi pembuatan Patung Pahlawan Nasional Sultra Himayatuddin atau lebih dikenal Oputa Yi Koo dan lokasi pembangunan Jembatan Buton – Muna.

“Rencananya realisasi fisik proyek patung pahlawan mulai berjalan tahun 2022 dengan menelan anggaran sekira Rp 20 – 30 miliar. Untuk desain konstruksi dan penanggungjawab proyek diserahkan pada Dinas Cipta Karya Sultra,” tuturnya. Sabtu (30/1/2021)

Pada momen hari kedua kunker itu, kata dia, selain meninjau lokasi proyek patung pahlawan, gubernur melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkot Baubau. Dalam agenda itu gubernur ingin pembangunan antara provinsi dan daerah lebih mengedepankan upaya singkronisasi kebijakan pembangunan.

Usai pertemuan, rombongan bergeser ke Bandara Betoambari. Di situ gubernur berdiskusi selama 20 menit dengan kepala bandara membahas mengenai rencana pengembangan dan peningkatan kualitas runway bandara.

“Salah satu tempat lain yang jadi obyek peninjauan gubernur adalah lokasi pembangunan Jembatan Buton – Muna di Kelurahan Palabusa Kecamatan Lealea. Di situ kegiatannya berlangsung sekitar dua jam,” ujarnya.

Ridwan Badallah menambahkan, pasca aktivitas di Kota Baubau gubernur beserta rombongan bergeser ke Kabupaten Buton dan menyempatkan diri ziarah di makam orangtua, lalu menuju Rujab Bupati Buton guna menghadiri acara ramah tamah dengan jajaran pemerintah setempat.

Dalam pertemuan dibalut ramah tamah itu, lanjut dia, ada beberapa poin yang diungkapkan gubernur yaitu keinginan agar kepala OPD di daerah bisa menangkap isu penting dari kunker gubernur dan menjadi sarana kolaborasi program dan kegiatan antara pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Agenda di Buton selain menanti kedatangan Tim Kemenko Marves, gubernur juga akan melihat langsung pembangunan sarana olaraga persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 14 tahun 2022 di Buton dan program program pemindahan pemukiman masyarakat Bajo di tempat yang aman dari ancaman bencana,” jelas Ridwan. (***)

Reporter : Juhartawan

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini