DPRD Konkep Bahas Ulang Jadwal Pilkades Serentak

0
696
Kegiatan RDP Komisi I DPRD Konkep membahas ulang jadwal pelaksanaan pilkades serentak, Kamis (3/6/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan kembali menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) membahas jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kamis (4/6/2021).

Semula pilkades akan digelar sebelum ajang pilkada, namun karena pertimbangan stabilitas daerah akhirnya diundur. Meski kala itu pemerintah setempat tengah membahas penganggarannya.

Wakil Ketua Dewan Konkep, Imanudin mengusulkan agar pelaksanaan pilkades serentak digelar pada November 2021. Pertimbangannya, penundaan jadwal sudah terlalu lama dan sejumlah desa kini masih dipimpin pelaksana tugas sementara.

“Roda pemerintahan desa mesti segera dinormalisasi dengan percepatan jadwal agenda pilkades serentak. Soalnya sangat terkait pula dengan legitimasi kebijakan program maupun penganggaran di tingkat desa,” terang Politisi PKB Konkep itu.

Menanggap usulan tersebut Plt Kadis DPMD Konkep, Zakaria Rasjid menegaskan akan menindaklanjuti sejumlah masukan anggota dewan. Salah satunya berkoordinasi dengan berbagai pihak, utamanya menyiapkan payung hukum gelar pilkades.

“November itu belum keputusan final. Tetapi kami pertimbangkan sebagai salah satu opsi. Yang terpenting kesiapan regulasi pelaksanaan pilkades,” katanya.

Diketahui, ada 30 desa di wilayah Konkep tersebar di tujuh kecamatan. Seyogyanya seluruh desa sudah dipimpin pejabat definitif bila pilkades tidak ditunda pelaksanaannya. (***)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini