DPRD Kabupaten Barru Studi Komparasi Regulasi RTRW di Kota Kendari

0
438
Sekretaris DPRD Kota Kendari, H Syam Alam SE M.Si saat saling bertukar cendramata dengan perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. (Foto: Humas Pro Setda DPRD kota Kendari)

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Belasan anggota DPRD Kabupaten Barru Sulawesi Selatan melakukan studi komparasi ke DPRD Kota Kendari terkait regulasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Mall Pelayanan.

Selain itu, kunjungan tersebut juga sebagai upaya membangun silaturahmi antarlembaga sekaligus saling sharing informasi seputar pembangunan kedua daerah.

Kunjungan anggota legislatif Kabupaten Barru tersebut diterima langsung Sekretaris DPRD Kota Kendari, H Syam Alam, di Ruang Rapat Aspirasi Sekretariat DPRD Kota Kendari, Kamis (20/05/2021).

Turut mendampingi Kepala Bagian (Kabag) Keuangan H Abdul Jamil, Kabag Hukum H Sugianto, Kasubag Kepegawaian Muhammad Asis, Kasubag Humas dan Protokoler Bobi Adrian Sabara dan Sespri Ketua DPRD, Azis.

Menjawab pertanyaan Anggota DPRD kabupaten Barru terkait Perda RTRW, Syam Alam mengatakan, proses pembahasan telah selesai dilakukan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Akan tetapi, lanjutnya, berdasarkan hasil konsultasi di kementerian, Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) tidak perlu diatur dalam perda tetapi cukup perwali karena sifatnya sangat fleksibel.

“Khusus untuk gedung mall pelayanan di Kota Kendari sementara dalam pembangunan. Direncanakan akan dibuka bersamaan dengan rampungnya Kantor Walikota Kendari tahun 2022 mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Syam Alam juga memperkenalkan kepariwisataan yang ada di Kota Kendari seperti, Wisata Sejarah, Wisata Alam, dan Wisata Kuliner.

“Kota Kendari juga merupakan kota jasa yang ikut menopang daerah lain di Sulawesi Tenggara. Pemkot Kendari juga berencana akan menjadikan Teluk Kendari sebagai kawasan bisnis dan wisata,” ungkapnya. (**)

Reporter : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini