Dekranasda Kolut Gelar Pameran Produk Usaha Kerajinan

0
403
Bupati Kolut Nur Rahman Umar (keempat dari kiri) saat acara launching Galeri Dekranasda, Senin (5/4/2021)

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Sekian lama relatif vakum dalam aktivitas, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kolaka Utara (Kolut) kembali bergeliat dalam berbagai program maupun kegiatan.

Salah satunya menggelar expo mini berbagai produk kerajinan karya pelaku usaha yang tergabung dalam organisasi nirbala di Galeri Dekranasda Bundaran Suawindu Lasusua, Senin (5/4/2021).

Mereka adalah komunitas yang peduli pengembangan produk lokal daerah berbasis UMKM. Turut hadir dalam kegiatan itu Bupati Kolaka dan sejumlah pejabat OPD serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar mengemukakan, kelembagaan Dekranasda Kolut sudah ada lama ada, bahkan sejak pameran awal daerah. Namun harus diakui bahwa ada suatu fase organisasi tersebut terlihat vakum, nyaris tak terdengar gaungnya.

“Alhamdullilah beberapa tahun belakangan ini dekranasda kembali bergeliat semisal ada pembenahan organisasi, ikut pameran kerajian dan tentu saja aktivitas terasa spesial ini gareri Dekranasda akan kita Launching bersama,” katanya.

Menurutnya, adanya galeri dekranasda  merupakan jawaban atau harapan para perajin untuk memiliki galeri permanen sebagai etalase produk kerajinan di Kabupaten Kolut. Jadi, kalau masyarakat butuh sebuah produk kerajinan cukup ke galeri saja lihat sampel sebelum ingin membeli.

“Karena itulah saya berharap agar para perajin dan pelaku UKM benar-benar dapat memanfaatkan kehadiran galeri ini dengan maksimal, karena galeri ini akan terbuka untuk semua perajin dan semua pelaku Usaha”.Imbuhnya

Sedangkan Ketua Panitia Launching Galeri Dekranasda, Ihwan mengatakan, galeri itu sebagai wadah untuk mempromosikan produk kerajinan khas daerah seperti olahan makanan, anyaman bambu serta kerajinan kreatif lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan industri kecil di masyarakat.

“Jadi siapa saja bisa menitipkan karya kerajinannya seperti makanan khas atau produk hiasan lainnya. Saat ini baru ada sekitar 30 pelaku UKM memajang produknya. Sisanya masih kami data. Yang berminat daftar silahkan datang perorangan atau kelompok,” terangnya.

Untuk memeriahkan launching galeri tersebut, dekranasda juga membuat bazar ceria dengan menggandeng beberapa kedai atau cafe di Lasusua sebagai langkah mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut dalam memulihkan ekonomi masyarakat. (***)

Reporter : Andi Momang

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini