Dekranas Kota Kendari Siap Ikut Pameran Event Borobudur

0
353
Dekranas Kota Kendari saat mengikuti rapat virtual yang digelar Pengurus Pusat Dekranas dalam rangka persiapan Pameran Dekranas di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

MCNEWSULTRA.ID, Kendari – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Kendari siap ambil bagian pada Pameran Dekranas di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Rencananya event tersebut berlangsung pada tanggal 2-21 Agustus 2021.

Sebagai persiapan keikutsertaan, Dekranas kota mengikuti rapat virtual Dekranasda Pusat di Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Kamis (17/6/2021).

Ketua Dekranas Kota Kendari Hj Sri Lestari Sulkarnain menuturkan, Kota Kendari akan masuk dalam kelompok prioritas Borobudur. Dalam event ini akan menampilkan sejumlah produk desain pengrajin lokal.

“Kita akan pamerkan produk khas daerah seperti kerajinan rotan, Nentu, tenun dan perak. Awal kita lakukan dulu pelatihan pemanfaatan Cangkang Kerang dan anyaman dari pandan,” tuturnya saat memberikan arahan.

Sebelum ditampilkan dalam Event Borobudur, maka seluruh produk tetap akan melalui proses penilaian guna mengukur kelayakannya untuk dijual ke konsumen maupun ditampilkan nanti.

Sementara itu, Anggota Bidang Manajemen Usaha Dekranas Pusat, Lisa Mustafa Abubakar menjelaskan, pameran produk desain itu sebagai salah satu upaya membantu pengrajin atau yang terimbas Corona Virus Desease 2019 (Covid 19).

“Jadi, kami berusaha membantu pengrajin. Sekarang kita mencoba untuk mengatur agar membantu penjualan para pengrajin,” ucap Liza Mustafa Abubakar melalui videoconference.

Selain itu, kata dia pameran tersebut untuk menyukseskan program pemerintah dalam mengembangkan objek wisata. Syarat dalam mengikuti pameran tersebut adalah para pengrajin kecil.

“Namun, untuk pengiriman kita minta tolong ke Dekranasda provinsi/kabupaten/kota setempat,” ungkapnya. (***)

Reporter : Juhartawan

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini