BPN Bombana Target Gratiskan Sertipikat 1.375 Tanah

0
294
Andarias Leping

MCNEWSULTRA.ID, RumbiaBadan Pertanahan Nasional (BPN) Bombana menargetkan pengadaan sertipikat gratis untuk 1.735 tanah. Target itu masih berkaitan dengan pencanangan Kementerian ATR/BPN melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Akhir tahun 2020 lalu, kami usulkan 2.000 bidang tanah ke pusat untuk disertipikatkan. Tetapi pusat hanya menyahuti 1.375 tanah saja. Pertimbangannya karena kemampuan anggaran pemerintah pusat terbatas,” ungkap Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Bombana, Andarias Leping, Rabu (31/3/2021).

Rencananya tanah yang akan mendapat sertipikat gratis meliputi wilayah Poleang Timur terdiri dari Desa Puulemo, Rompu-rompu dan Mambo. Sesuai petunjuk teknis desa, ada beberapa desa di sekitar wilayah juga mendapat program PTSL.

“Kalau dalam pengukuran bidang tanah di sebuah desa tak bisa memenuhi target kuota, maka pengukuran dialihkan ke desa lain namun masih dalam wilayah berdekatan,” tuturnya.

Ia menambahkan,program pemerintah pusat ini berkesinambungan hingga tahun 2025 mendatang, pihaknya berharap semua elemen baik itu pemerintah setempat dan masyarakat dapat berperan aktif mensukseskan program tersebut mulai dari penyelenggaraan sosialisasi hingga penerbitan sertifikat

Menanggapi rumor biaya Rp 350 ribu, Andarias menampik adanya besaran biaya seperti itu. Dalam DIPA memang tidak mengalokasikan biaya operasional bagi aparat kelurahan atau desa.

Jadi untuk kebutuhan itu dikembalikan pada kesepakatan antara aparat desa maupun kelurahan berdiskusi dengan masyarakat. Namun sekali lagi ditegaskan tidak ada patokan standar biaya.

“Berdasarkan data untuk wilayah Kabupaten Bombana sudah berkisar 48 persen tanah disertipikatkan dan 52 persen sisanya belum. Tetapi program PTSL ini berlanjut hingga 2025, makanya pemerintah dan masyarakat berperan aktif menyukseskan program ini,” terangnya. (***)

Reporter : LM Dzaki

 

 

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini