Bawaslu Konkep Gelar Rakor Pengawasan Netralitas PNS Hadapi Pilkada

0
415
Bawaslu Konkep bersama perwakilan pimpinan OPD Pemkab Konkep dalam Rakor Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil (ASN) menghadapi pilkada serentak 2020. (FOTO : Kardin)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe Kepulauan (Konkep) mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil (ASN)
menghadapi pilkada serentak 2020.

Ketua Bawaslu Konkep Muhamad Tawil mengatakan pelaksanaan rakor ini sebagai bentuk sosialisasi pengawasan bawaslu terhadap netralitas ASN disemua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep, Desember mendatang.

Dalam mengawasi jalannya netralitas itu, ungkap Tawil, bawaslu sebelum melakukan penindakan terlebih dahulu mensosialisasikan bentuk pencegahan yang dapat dilakukan ASN agar tak terlibat politik praktis.

“Jadi Rakor ini adalah sebagai bentuk pencegahan Bawaslu makanya kita undang kepala OPD. Supaya setelah selesai Rakor, kepala-kepala OPD ini bisa menyampaikan  kepada bawahannya dan staf-stafnya terkait bagaimana memaknai netralitas ASN di pilkada nantinya,” tuturnya, usai Rakor di Balai Desa Lamoluo, Rabu (02/09/2020).

Nantinya, tambah Tawil, Bawaslu juga akan mengundang para Kepala Desa (Kades) untuk berkoordinasi dalam upaya pencegahan agar tidak terlibat dalam politik praktis.

“Karena kades dan perangkat desa juga dilarang untuk terlibat dalam politik praktis. Itu diatur dalam undang-undang,” tegasnya.

“Kami berharap, semoga dengan kerjasama kita semua, baik ASN, kepala dan perangkat desa dapat menciptakan pilkada yang bersih dan normatif sehingga pada akhirnya pilihan rakyat adalah pilihan terbaik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Wawonii,” tambahnya. (**)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini