Alokasi Pupuk Bersubsidi di Konkep Menurun

0
433
Petani di Konawe Kepulauan mendapat bantuan pupuk subsidi sebanyak 300 ton di tahun 2021 ini. (FOTO : Radar Bromo)

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Para petani di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dalam waktu dekat akan mendapat bantuan pupuk bersubsidi sebanyak 300 ton dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian Konkep, Muhammad Tahrir mengungkapkan, besaran bantuan pupuk bersubsidi ini menurun dari tahun sebelumnya. Dimana tahun 2019, Kabupaten Konkep mendapat jatah sebanyak 800 ton.

Kemudian, di tahun 2020 kuota pupuk bersubsidi Konkep turun menjadi 600 ton.

“Penurunan kuota pupuk bersubsidi ini dikarenakan adanya refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Begitupun juga untuk tahun 2021 ini,” ujar Tahrir saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (27/1/2021).

Muhammad Tahrir, SP., MP.

Adapun jenis pupuk bersubsidi yang diberikan kepada petani, lanjut Tahrir yakni, pupuk Urea, SP36, ZA, NPK, juga Organik. Bantuan pemerintah ini, diperuntukkan bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani dan terdaftar dalam sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang dikelola Kementerian Pertanian.

“Waktu pendistribusiannya akan dilakukan dua tahap. Pertama, pada bulan Februari dan tahap kedua rencananya akan disalurkan pada bulan Oktober,” jelasnya.

Tahrir pun berharap, meski mengalami pengurangan alokasi, pupuk bersubsidi yang ada dapat tetap membantu para petani untuk meningkatkan hasil produksi meski di tengah pendemi Covid-19.

“Nanti, para penyuluh akan terus mengawal dalam memberikan pemahaman kepada para petani terkait cara dan teknik pemupukan,” harapnya. (***)

Reporter : Kardin
Editor : Juhartawan

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini