Aksi Nekat Nyolong Kotak Amal Masjid Terekam CCTV

0
1432
Aksi pencuri menggasak isi kotak amal di salah satu masjid di Kecamatan Ngapa sempat terekam kamera CCTV, Sabtu (18/12/2021).

MCNEWSULTRA.ID, Lasusua – Hanya berjarak satu hari isi kotak amal di Masjid Desa Tadaumerah dan Masjid Raya Desa Beringin,  Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) raib digondol pencuri. Aksi pencurian itu terekam CCTV dalam masjid.

Pada video berdurasi 2.50 menit tersebut, terpantau seseorang yang menggunakan peci, baju kaos lengan panjang, dan celana panjang berdiri di sekitar kota amal yang terletak di bagian dalam masjid.

Pelaku mengamati kota amal yang terbuat dari kaca dan mengamati keadaan dilingkungan masjid. Setelah itu, bergegas mengambil sesuatu dalam tas miliknya yang diletakkan tidak jauh dari kotak amal.

Lalu pencuri kembali mendekati kotak amal dan membukanya menggunakan kunci khusus dan mengambil semua uang dalam kotak amal.

Aksi pelaku tersebut, terbilang nekat karena ia tidak menggunakan penutup wajah dan terlihat jelas dalam CCTV masjid.

Kepala Desa Beringin, H Abd Rahman saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan peristiwa pencurian tersebut yang sempat terekam CCTV.

“Video peristiwa pencurian tersebut memang benar, kejadiannya kemarin siang dan kejadian ini yang pertama kalinya,” terangnya, Minggu (19/12/2021).

Saat ini, lanjutnya, warga masih berusaha mengidentifikasi pelaku melalui hasil rekaman beberapa CCTV yang terpasang baik di dalam maupun di luar masjid.

“Kami perkirakan pelakunya mengendarai mobil. Kalau berdasarkan CCTV pelakunya profesional karena dia menggunakan kunci khusus untuk membuka kotak amal,” jelasnya.

Menurut informasi dari beberapa warga, tambahnya, orang tersebut menggunakan mobil ambulance.

“Tapi ini masih dugaan, setelah balik dari pesta kami akan perjelas dengan membuka beberapa CCTV milik warga di sekitar masjid untuk memastikan dugaan warga,” tukasnya.

Terpisah Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Ngapa, Ipda Agus menuturkan, berdasarkan rekaman CCTV ada beberapa kotak amal yang sempat di gasak pelaku. Tapi, tidak semua sudut masjid terekam CCTV.

“Sebenarnya beberapa hari yang lalu, personil kami sudah menyampaikan pengurus masjid Beringin agar berhati-hati karena di desa tetangga isi kotak amalnya juga dicuri,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini kasus pencurian kotak amal di dua masjid di Kecamatan Ngapa masih dalam proses pendalaman.

“Kami masih melakukan pendalaman, meski pelaku tidak menggunakan penutup wajah tapi kalau hasil rekaman CCTV tersebut di zoom kualitas CCTVnya malah lebih blur,” bebernya.

Meski demikian, personil Polsek Ngapa katanya, mulai mengantisipasi dan mengetahui cara kerja pelaku  berdasarkan dua peristiwa yang terjadi.

“Kami berharap pengurus-pengurus masjid agar lebih hati-hati dan belajar atas kejadian yang menimpa dua masjid di Kecamatan Ngapa tersebut,” harapnya. (***)

Reporter : Andi Momang

Komen FB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini