Siap-siap, Penumpang Pelabuhan Langara Wajib Tes GeNose C19

0
1212
Abdul Rahman

MCNEWSULTRA.ID, Langara – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Lapuko Wilayah Kerja (Wilker) Langara bakal menerapkan Tes GeNose Covid-19 kepada para penumpang jasa transportasi laut di wilayah satuan kerjanya.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Wilayah Kerja (Wilker) Langara KUPP III Lapuko, Abdul Rahman. Ia mengatakan, aturan ini sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan No 44 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Sejalan pula dengan SE Ketua Satuan Tugas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Pihak kami akan memberlakukan tes Covid GeNose, baik penumpang masuk maupun yang akan keluar daerah Konawe Kepulauan, mulai hari Rabu ini,” ujar Rahman, saat diwawancarai, Rabu (7/7/2021).

Rahman menjelaskan, dalam pelaksanaanya nanti, tes akan dilakukan secara acak (Random) kepada para penumpang.

Personil Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Lapuko Wilayah Kerja (Wilker) Langara saat melakukan pemeriksaan tes GeNose Covid-19 kepada salah satu calon penumpang. (FOTO:KARDIN)

“Jadi, kalau ada penumpang dinyatakan terdeteksi gejala Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan, maka bersangkutan tidak boleh pergi,” jelasnya.

Sejauh ini, katanya, pihaknya memiliki keterbatasan penyediaan jumlah kantong udara sehingga harus beli sendiri karena belum ada pengadaan khusus dari pemerintah.

“Tapi itu tidak masalah, kami akan menjalankan program ini demi menekan laju penyebaran wabah. Tolong juga masyarakat memastikan diri cukup sehat untuk melakukan perjalanan,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep agar kembali memberlakukan atau mengaktifkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kami juga sangat berharap agar seluruh masyarakat yang sedang melakukan perjalanan tetap menjaga protokol kesehatan biar terhindar dari wabah Corona,” tandasnya.

Pantauan awak mcnewsultra.id saat pemeriksaan GeNose C19 di Pelabuhan Langara, total penumpang yang diperiksa secara acak sebanyak 20 orang, seluruhnya negatif. Para penumpang tersebut akan bertolak ke Wakatobi dan Nusa Tenggara Timur. (**)

Reporter : Kardin
Editor      : Juhartawan

 

 

 

Komen FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here